Pages

Pentingnya Konsep Sebagai Dasar Membuat Desain

Sebuah desain yang baik dimulai dengan konsep desain yang baik. Anda mencoba untuk memecahkan permasalahan desain, maka sebuah konsep akan memimpin jalan untuk memberikan arahan terhadap keputusan desain Anda. Mengembangkan sebuah ide kecil sehingga menjadi sebuah konsep yang menarik. Bagaimana Anda bisa membentuk sebuah konsep yang menjadi dasar desain Anda?



Konsep desain adalah ide di balik sebuah desain. Konsep ini yang akan mendasari logika, pemikiran, serta penalaran untuk bagaimana Anda akan mendesain. Konsep Anda akan menyebabkan pilihan-pilihan dalam bentuk, warna, dan jenis. Setiap keputusan desain Anda akan jatuh kembali terhadap arah konsep Anda. Dengan kata lain, konsep desain Anda menjadi kerangka untuk semua keputusan desain Anda.

Apa yang harus dilakukan sebelum membuat konsep desain?
Mengembangkan konsep desain adalah sesuatu yang muncul dari proses individu. Sebuah pengembangan konsep seseorang pasti akan berbeda dari pengembangan konsep orang lain.

Mendefinisikan masalah
Anda tidak bisa memecahkan masalah tanpa mengetahui apa permasalahannya. Sebelum mengembangkan dan mengolah konsep, lihatlah pokok-pokok permasalahan yang harus diperhatikan. Dan jika proyek desain Anda berhubungan dengan klien, maka definisikan permasalah desain Anda terhadap klien, juga pelanggan mereka, pasar umum mereka, serta tujuan mereka.

Analisa dan Melakukan penelitian
Setelah mendefinisikan macam-macam permasalahan untuk desain Anda, maka tentukan pemecahan permasalahan tersebut untuk desain Anda. Anda harus berfikir dan memulai proses menggali ide. Point-point analisis dibutuhkan untuk mengembangkan desain Anda sebagai pemecah permasalahan.

Contoh point pertanyaan seperti;

-Apa merk klien Anda?
Dari satu pertanyaan ini akan timbul penjabaran lain seperti; apa kesan yang ingin disampaikan oleh merk ini terhadap pelanggan klien?, apa filosofi dari merk tersebut?, warna, bentuk, nuansa, dan jenis desain apa yang sesuai dengan merk tersebut?, dan sebagainya yang akan didapatkan dengan penjabaran lebih lanjut. Tentunya penjabaran ini akan terus berkaitan dengan point pertanyaan pokok berikutnya.

-Siapa pelanggan klien Anda?
Dari point ini akan didapatkan hal yang berkaitan dengan penjabaran sebelumnya. Seperti; Apa kesan merk yang akan mendapat perhatian dari pelanggan?, lalu penjabarannya akan; bagaimana lingkungan pelanggan?, apa warna, bentuk, nuansa, dan jenis desain yang sesuai untuk para pelanggan?
Jawaban untuk masing-masing hal tersebut akan mengembangkan ide Anda untuk menentukan bagaimana konsep desain Anda terbentuk.

Konsep, adalah langkah awal yang akan menunjukan arah dalam desain Anda. Ini merupakan arah untuk menentukan proses desain Anda. Jika suatu desain yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan, itu mungkin karena tidak sesuai dengan konsep. Atau jika Anda merasakan hasil desain tidak terbentuk dengan baik, maka Anda perlu mengeskplorasi konsep yang berbeda.

Perlu juga mengeplorasi ide berdasarkan konsep yang sudah matang, karena akan bisa memunculkan pilihan-pilihan hasil desain yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam memilih satu desain yang diharapkan.

Klik link ini : www.rupodesain.blogspot.com
instagram : rupodesain


rupo desain

Rupo Desain adalah Layanan Jasa Desain Grafis, meliputi Desain Logo, Desain Label, Desain Promosi, dan lain-lain. Rupo Desain menawarkan harga yang terjangkau dengan kualitas baik. - Instagram : rupodesain - Kontak : 0813 5340 1661 (Telp/WA)

Instagram